Sabtu, Desember 3, 2022

Acara Busworld Southeast Asia 2022 di JIExpo Kemayoran Dimeriahkan Merek Bus Asal China

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

 

Stateranews.com| Acara Busworld Southeast Asia 2022 resmi diselenggarakan di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pameran bus terbesar di Asia Tenggara ini berlangsung pada 5 – 7 Oktober 2022. Banyak bus listrik karya karoseri lokal dipamerkan di acara itu.

Busworld Southeast Asia 2022 Tak hanya dimeriahkan karoseri lokal namun juga dihadiri merek-merek bus terkenal asal China, Zhong Tong Bus dan Golden Dragon. Kedua merek bus itu masing-masing menghadirkan dua unit bus listrik ukuran 6 meter dan 12 meter.

Sesuai janji penyelenggara, pihak peserta pameran benar-benar menghadirkan berbagai line up bus listrik full baterai yang ramah lingkungan. Merek Zhong Tong Bus membawa dua model bus listrik. Yang pertama ukuran 6 meter yang memiliki seats 12+1 dan bisa menampung total penumpang hingga 25 orang.

Baca Juga : Rudal Hyunmoo-2 Milik Korsel Alami Masalah Teknis Dan Jatuh Saat Latihan Militer Bersama AS

Untuk varian 12 meter, memiliki kapasitas kursi 33+1. Bus ini menggunakan konsep low floor atau lantai rendah, sehingga memudahkan akses penumpang, termasuk akses untuk para penyandang disabilitas. Sementara untuk merek  Golden Dragon membawa dua model bus listrik.

Pertama ada model bus listrik kompak ukuran 6 meter, yang bisa membawa maksimal 24 penumpang.  Bus ini bisa menjangkau jarak hingga 122 km dan bisa diisi ulang baterainya dari 20% hingga 100% hanya dalam 30 menit. Soal harga, bus listrik Golden Dragon 6 meter ini dibanderol Rp 2 miliar.

Bus listrik berukuran 6 meterbisa menampung kapasitas penumpang hingga 59 orang. Adapun untuk jarak tempuhnya, sanggup melahap 250 km saat baterai terisi penuh. Untuk sistem pengecasan-nya, dari 20% sampai 100% butuh waktu 60 menit atau 1 jam. Nah, untuk harga, dipasarkan sekitar Rp 5,2 miliar.

- Advertisement -

Karoseri dalam negeri juga turut membawa berbagai model bus listriknya yakni model bus listrik high floor yang menggunakan sasis buatan BYD. Sementara karoseri asal Malang, Tentrem, membawa bus listrik jenis low floor.

Baca Juga : Bahas soal Tragedi Kanjuruhan Presiden Jokowi Sampaikan Sudah Telepon Presiden FIFA

Untuk Bus buatan Indonesia memang belum bisa membuat mesin bus. Tapi dari sisi karoseri, Indonesia bisa berbangga sebab desain-desain bodi bus buatan karoseri Tanah Air dikagumi pihak luar, sehingga ada negara yang mulai percaya mengimpor bodi bus buatan Indonesia.

Menariknya lagi, ada karoseri rumahan di negara luar yang terang-terangan meniru desain bus buatan Indonesia. Seperti dinyatakan owner PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, bodi bus buatan Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Beberapa model bus yang dikembangkan di Indonesia ditiru oleh karoseri negara lain. Masih menurut penjelasan Anthony menyatakan desain-desain (bus) Indonesia dipandang bagus oleh konsumen luar negeri.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -