Sabtu, Desember 3, 2022

Aung San Suu Kyi Bakal Jalani Hukuman Selama 26 Tahun Setelah Divonis 6 Tahun Penjara Di Kasus Suap

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

 

Stateranews.com| Aktivis dan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi divonis hukuman enam tahun penjara atas dua dakwaan korupsi oleh pengadilan Myanmar yang dikuasai junta militer. Tambahan hukuman yang didapat  Suu Kyi sejauh ini telah dijatuhi hukuman total 26 tahun penjara oleh junta Myanmar.

“Suu Kyi divonis masing-masing tiga tahun penjara untuk dua kasus korupsi,” kata seorang sumber yang memahami kasus yang menjerat Suu Kyi, seperti dilansir AFP, Rabu (12/10/22).

Dijelaskan juga bahwa dalam kasus korupsi yang menjeratnya kali ini, Suu Kyi didakwa menerima suap sebesar US$ 550.000 (Rp 8,4 miliar) dari seorang pengusaha bernama Maung Weik. Tahun lalu, televisi militer Myanmar menayangkan video pengakuan Maung Weik yang mengatakan dirinya telah memberikan suap total sebesar US$ 550.000 kepada Suu Kyi selama beberapa tahun.

Diakui Maung Weik bahwa dirinya mendonasikan uang kepada para tokoh senior pemerintahan demi bisnisnya. Selama ini Suu Kyi yang ditahan junta Myanmar sejak kudeta dilancarkan tahun lalu, telah membantah semua dakwaan yang dijeratkan kepadanya.

Dituturkan sumber tersebut bahwa Suu Kyi akan mengajukan banding atas vonis terbaru ini. Meski telah dijatuhi hukuman atas berbagai dakwaan korupsi dan dakwaan-dakwaan lainnya, Suu Kyi masih menjalani persidangan untuk lima kasus korupsi lainnya.

Kebanyakan persidangan Suu Kyi digelar secara tertutup oleh junta militer di Myanmar. Para jurnalis dilarang menghadiri persidangan dan pengacara Suu Kyi dilarang berbicara kepada media.

Diketahui beberapa waktu lalu, Aung San Suu Kyi, kembali dijatuhi hukuman. Kali ini Suu Kyi dijatuhi vonis tiga tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan melanggar undang-undang (UU) rahasia negara.

- Advertisement -

Sejak militer melakukan kudeta pada Februari tahun lalu, junta langsung mendakwa Suu Kyi dengan serangkaian tuduhan, mulai dari yang terkait rahasia negara hingga pelanggaran protokol Covid-19. Jika dikumpulkan, total hukuman penjara yang dijatuhkan terhadap Suu Kyi sudah mencapai 26 tahun. (un/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -