Jumat, Desember 2, 2022

Ilmuwan Gunakan Video 8K dan Laser, Lakukan Perekaman Detail Pada Bangkai Kapal Titanic

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2011

 

Stateranews.com| Kisah tentang Kapal  Titanic yang karam 14 April 1912 sangat melegenda setelah sebuah film berjudul Titanic dirilis. Dalam film terdapat adegan mengenai  kapal raksasa menabrak gunung es dan akhirnya tenggelam. Hingga kini ada banyak mitos dan legenda seputar kecelakaan itu.

Namun untuk pertama kali OceanGate Expeditions merilis rekaman dengan definisi tinggi 8K sehingga menampilkan detail yang sangat jelas. Bahkan teknologi baru ini dapat menangkap laju peluruhan tersebut dengan lebih baik berkat kemampuan video 8K .

Dirilis dari OceanGate Expeditions di YouTube seperti dikutip hari ini, Rabu (07/09/22) melalui sebuah Video unggahan  mengungkap tingkat detail dan warna baru dari bangkai kapal Titanic terkenal dalam sejarah.

Para ilmuwan juga menggunakan sistem penskalaan laser bersama dengan video, sehingga dapat menentukan ukuran objek. Diberitakan oleh  laman popularmechanics sperti yang dikatakan oleh Stockton Rush, presiden Ekspedisi OceanGate menyebutkan bahwa  detail menakjubkan dalam rekaman 8K akan membantu tim ilmuwan dan arkeolog maritim mengkarakterisasi pembusukan Titanic.

Selama delapan hari Ekspedisi Titanic 2022  melakukan  penyelaman, kapal selam Titan membantu tim ilmuwan, untuk menilai bangkai kapal melalui pengamatan langsung. Kapal selam kecil ini, memandu eksplorasi melalui berbagai fitur bangkai kapal, dan membantu meningkatkan gambar tentang bangkai kapal tersebut.

“Mengambil rekaman 8K ini akan memungkinkan kami untuk memperbesar dan tetap memiliki kualitas 4K,” ujar Rush.

Melalui sebuah rekaman baru yang tampak sangat  detail mulai terungkap, seperti nama Noah Hingley & Sons Ltd. yang terlihat jelas di jangkar sisi pelabuhan. PH Nargeolet, pilot kapal selam Nautile dan penyelam Titanic, menjelaskan di awal video dapat terlihat derek yang digunakan untuk memasang jangkar seberat 15 ton.

- Advertisement -

Terlihat juga  belenggu yang sekarang runtuh ketika awalnya dipasang pada tiang utama. Selanjutnya Video menunjukkan tiga struktur bundar di sepanjang bagian dalam pagar yang merupakan triple fairleads yang digunakan untuk memberi makan tali dok ke bollard di pantai.

Rekaman itu menawarkan pemandangan haluan Titanic, jangkar sisi kiri, lambung No. 1, rantai jangkar seberat 200 pon, ruang kargo No. 1, dan kaptan perunggu padat. Dengan  Menggunakan sistem penskalaan laser saat berada di kapal selam Titan, kru dapat secara akurat menentukan ukuran objek yang mereka lihat di kamera melalui area pandang utama kapal selam.

Dengan adanya Video ini juga berguna untuk mengidentifikasi spesies yang diamati di dalam dan di sekitar Titanic.  Bagi para arkeolog mendokumentasikan unsur-unsur bangkai kapal dan puing-puing secara lebih rinci. Tentu saja, video 8K yang murni juga menawarkan kepada penggemar sejarah dan penggemar Titanic cara untuk menjelajahi bangkai kapal dengan detail.

Dari penjelasan Rory Golden, ahli dan penyelam OceanGate Expeditions berharap video tersebut membantu menentukan tingkat peluruhan Titanic dengan membandingkan rekaman setiap tahun. Yang menarik bahwa, setelah bertahun-tahun, ilmuawan  mungkin telah menemukan detail baru yang tidak begitu jelas dengan teknologi kamera generasi sebelumnya. (sr/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2011

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -