Kamis, Desember 1, 2022

Kemendes PDTT Beri Sumbangan Generator Dan Lentera Listrik Tenaga Air Garam Kepada Warga Nelayan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
441

 

Stateranews.com| Warga nelayan  Pulau Untung Jawa,  Kabebuten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta mendapatkan pembagian sumbangan 1 generator dan  100 lentera listrik tenaga air garam, kerja sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)  dan PT. Lentera 9 Nusantara.

Saat memberikan sambutan, Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah tertinggal Kemendes PDTT, Ir Eko Sri Haryanto, MM  menyampaikan bahwa bantuan sumbangan generator dan  lentera listrik tenaga air garam merupakan uji lapangan dan berharap kiranya warga yang mendapat bantuan dapat menggunakannya  dengan baik.

Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Serahkan Bantuan Kepada Warga Nelayan Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu

“Kita tidak memberikan yang wah, tetapi justru nanti ilmu dan pengalaman itu kita butuhkan dari bapak ibu semua dan kita berharap dapat digunakan dengan baik. Mudah mudahan nanti pak Camat, pak Lurah bisa memberikan motivasi kepada bapak ibu semuanya dalam menggunakan bantuan ini,” kata Ir Eko Sri Haryanto.

Pembagian bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Ir Eko Sri Haryanto, MM dan Pimpinan PT Lentera 9 Nusantara, Maryono  didampingi Direktur Penyerasian Pembanguna  Daerah Khusus, Dr. Dwi Rudi Hartoyo, S.Sos, M.Si dan  Kabag Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kepulauan Seribu, Dr. Purnomo, AP, M.Si.

Lebih lanjut saat di temui usai penyerahan bantuan, Ir Eko Sri Haryanto menyampaikan bahwa bantuan sumbangan generator dan  lentera listrik tenaga air garam sangat cocok dalam menjawab isu krisis energi global, salah satunya yang dikembangkan oleh PT. Lentera 9 Nusantara. Kelebihan generator dan  lentera listrik tenaga air garam karena bahan bakunya dapat ditemukan disekitar mereka.

“ ini sangat membantu sekali bagi masyarakat terutama yang terkait didaerah pesisir, sangat membantu sekali. Penggunaannyapun sangat praktis dan mudah dipahami,” kata Ir Eko Sri Haryanto.

Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus Kemendes PDTT Serahkan Bantuan Kepada Warga Nelayan Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu

Sementara itu, Direktur penyerasian Pembangunan Daerah Khusus, Dr. Dwi Rudi Hartoyo, S.Sos, M.Si menyampaikan apresiasi atas temuan Maryono dan rekan-rakan peneliti dengan inovasi yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan energi bersih dan murah.

- Advertisement -

Rudi berharap kedepannya kiranya temuan ini dapat dikembangkan lebih maksimal dan lebih maju. Ia juga menyebutkan, temuan ini dapat memenuhi kebutuhan energi rumah tangga.  Kata Rudi, nantinya temuan ini tidak saja memenuhi kebutuhan rumah tangga, tetapi juga dapat mendukung usaha kecil menengah secara khusus di desa.

Bantuan Generator Dan Lentera Listrik Tenaga Air Garam Dari Kemendes PDTT dan PT. Lentera 9 Nusantara

Terkait generator listrik tenaga air garam ia menyebutkan sebagai temuan yang sangat luar biasa dan berharap akan memenuhi kebutuhan energi bersih dan murah secara khusus di wilayah Indnesia Timur. Masih menurut Rudi, jika temuan ini lulus uji coba lapangan maka ada kemungkinan akan di kembangkan diseluruh wilayah Indonesia.

Warga sangat antusias saat menerima sumbangan 1 generator dan 100  lentera listrik tenaga air garam. Mereka menyampaikan bahwa bantuan ini sesuai dengan kebutuhan mereka yang berlatar belakang nelayan. (vr/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
441

17 KOMENTAR

  1. keren, pak sepanjang pesisir pantai daratan timor khususnya di kabupaten Timor Tengah Utara TTU, spesifiknya di WINI sangat membutuhkan bantuan seperti ini, karna masyarakat di daerah tersebut masih menggunakan listrik dari genset karna lintrik belum masuk sampai ke daerah tersebut.

    Kalau bisa ada tim dari kemendes untuk survei ke lokasi tersebut dan sepanjang pesisir pantai daratan timor pak

  2. Tuhan pake pak dirjen, ini yang indonesia butuhkan untuk menjawab tantangan krisis energi di indonesia dan global

    maju terus pak dirjen, emang kita laki laki apaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -