Kamis, Desember 1, 2022

Kisi-Kisi Capres KIB Mulai Bocor Meski Belum Putuskan Siapa Yang Bakal Diusung Di Pilpres 2024

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

 

Stateranews.com| Meskipun partai lain sudah terang-terangan menentukan Calon Presiden (Capres) 2024, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum memutuskan siapa yang bakal diusung di Pilpres 2024. Akan tetapi, kisi-kisi capres KIB mulai bocor. KIB menyatakan bukan sekoci dari sosok calon presiden (capres) tertentu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh  M Mardiono, Plt Ketua Umum PPP. Mardiono memastikan sejak KIB dibentuk hingga dirinya menjabat Plt ketua umum PPP, mereka bersama anggota koalisi lainnya, Golkar dan PAN, masih dalam tahap menyatukan visi dan misi.

“Golkar, PAN, dan PPP termasuk yang lebih dulu bangun koalisi. Tapi tidak berarti tiga partai itu disiapkan untuk orang-orang tertentu. Yang disebut sekoci itu tidak ada,” kata Mardiono dalam acara pemantapan Visi Misi Koalisi Indonesia Bersatu’ di Hall C, Jiexpo Kemayoran, Jakarta pada pada Kamis (20/10/2022),

KIB  menyebutkan terbuka Sosok Eksternal dan  membocorkan kisi-kisi capres yang akan diusung. Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi menyebut KIB, yang dinyatakan pimpinan partainya bukan sekoci, terbuka mengusung sosok di luar internal anggota koalisi.

“Saya tidak menyebut nama. Dan tidak juga harus orang internal KIB, misalnya, tapi kita ingin parpol,” kata Amir kepada wartawan di Hall C, Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/22).

Masih menurut penjelasan yang disampaikan oleh Amir mengatakan KIB masih mempertimbangkan banyak hal dalam menentukan satu nama capres yang akan diusung nanti. Dia memastikan nama tersebut akan keluar.

“Tentu banyak parameter yang kita pakai tapi secara prinsip kita sudah sepakat pada bahwa akhirnya kita akan menyatu. Artinya di KIB pada akhirnya akan keluar satu nama,” tutur Amir.

- Advertisement -

Sementara itu Airlangga Hartarto,  Ketua Umum (Ketum) Golkar menyebut KIB belum mendeklarasikan capres lantaran menghormati Presiden Jokowi. Dia menyebut KIB masih membutuhkan waktu lebih.

“Perkara waktu, KIB menghormati Bapak Presiden,” kata Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan para ketum dari KIB telah memiliki pengalaman dalam membangun pertumbuhan bangsa. Dia enekankan tidak ada tokoh yang dinilai lebih tinggi dari yang lain.

“Akan ada kerikil di sepatu, kalau terlalu banyak capres yang di-announce sebelum waktunya. Karena kita sedang menghadapi tantangan yang besar, tantangan ketidakpastian yang tinggi,”ujar  Airlangga.

Tak ketinggalan, Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum PAN juga menanggapi soal KIB yang hingga kini belum mendeklarasikan calon presiden (capres) di pilpres 2024 nanti. Zulhas berkelakar ke Airlangga Hartarto bahwa Golkar seharusnya sudah dewasa dengan hal ini.

Zulhas mulanya mengatakan bahwa umumnya ketua umum parpol pasti layak maju sebagai capres maupun cawapres. Dia menyebut kelayakan itu tentunya sudah mendapat dukungan dari semua kader.

Menurut Zulhas tak menutup mata bahwa keinginan tersebut bakal berhadapan dengan realitas. Dengan demikian, dia menyarankan agar setiap partai harus dewasa dengan ini. Dengan nada berkelakar, Zulhas bicara Golkar-lah yang dianggap sudah dewasa dengan itu. (nt/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -