Kamis, Desember 1, 2022

Maryono Dan Beberapa Peneliti Indonesia Keluarkan Produk Lentera Listrik Tenaga Air Garam

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51

 

Stateranews.com| Sekelompok peneliti melakukan terobosan dengan mengembangkan energi terbarukan yang sangat ramah lingkungan dengan menciptakan lampu lsitrik yang diberi nama Lentera Untuk Nusantara (Luna) atau Lentera 99.

Para peneliti bekerjasama dengan Maryono, salah satu tokoh yang memberikan perhatian khusus pada pengadaan energi bersih (clean energy) untuk masyarakat Indonesia. Dalam penjelasanya, Maryono menyampaikan lahirnya Lentera 99 karena kebutuhan energi nasional.

Meskipun demikian Maryono menyampaikan bahwa produk ini tidak bermaksud untuk menggantikan eksistensi PLN sebagai BUMN yang bergerak dibidang kelistrikan. Pihaknya hanya mengupayakan sebuah alat yang menghasilkan listrik untuk membantu masyarakat.

Maryono, Salah Satu Tokoh Yang Memberikan Perhatian Khusus Pada Pengadaan Energi Bersih (Clean Energy) Untuk Masyarakat Indonesia

“Kami ini hanya mengupayakan sebuah alat yang menghasilkan listrik dan semuanya bertujuan untuk membantu masyarakat, itulah yang mendasari kebutuhan mereka yang kami serap selama kami keliling Nusantara,”kata Maryono.

Lebih lanjut Maryono menyampaikan pihaknya dengan para peneliti murni mengupayakan kemudahan akses energi yang murah kepada masyarakat. Mereka terpanggil untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara.

Masih menurut Maryono, prinsip yang dipakai dalam mengembangkan produk ini ‘Nyala Tanpa Biasa’ karena memang bahan bakunya tidak perlu beli sebab Indonesia adalah negara maritim. Ia juga menjelaskan bahwa pencipta alat ini adalah anak bangsa yakni peneliti-peneliti Indonesia. Bahan baku untuk lentera lampu air garam semuanya dari dalam negeri.

Sementara itu, tim peneliti dan pencipta teknologi listrik air garam yakni Harboyo dan Agus menjelaskan bahwa temuan ini mereka dedikasikan untuk masyarakat Indonesia. Dari  penuturan Harboyo dan Agus diketahui bahwa awalnya penelitian mereka lakukan secara mandiri.

- Advertisement -

Saat ditemui disela pembagian sumbangan lampu listrik tenaga air garam kerja sama Kemendes PDTT dan PT Luna (Lentera 99) Harboyo menjelaskan bahwa lampu listrik air garam sangat praktis, aman, mudah digunakan dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan itu, Harboyo dan Agus memberikan pelatihan singkat terkait cara  penggunaan lampu kepada masyarakat penerima bantuan lampu listik tenaga air garam yang disumbangkan oleh Kemendes PDTT dan PT Luna (Lentera 99).

Harboyo Dan Agus Menjelaskan Bahwa Temuan Ini Mereka Dedikasikan Untuk Masyarakat Indonesia

Apresiasi juga disampaikan oleh Yohanes Saka dari perkumpulan Rumah Indonesia Makmur (RIM) yang ikut mendampingi Kemendes PDTT dan Luna (Lentera 99) saat membagikan sumbangan lampu listrik tenaga air garam di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Banten.

“Ini dibutuhkan oleh bangsa Indonesia khususnya energi terbarukan yakni penggunaan teknologi air garam untuk menghasilkan listrik. Ini harus kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam mencari solusi energi terbarukan guna menjawab krisis energy global,”kata Yohanes Saka.

Masih menurut Yohanes Saka kelebihan dari produk ini karena sangat praktis dan ketersediaan bahan bakunya sangat melimpah di Indonesia sebagai negara maritim. Karena itu, ia sangat mendorong agar produk listrik tenaga air garam dapat dikembangkan dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan energi Indonesia. (bi/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -