Jumat, Desember 2, 2022

Perdana Menteri Inggris Pertama Asal Dari India, Rishi Sunak Langsung Kena Kritik Usai Terpilih

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

 

Stateranews.com| Perdana Menteri Inggris pertama asal  India,  Rishi Sunak mendapatkan  kritikan tajam dari seorang anggota parlemen oposisi dari Partai Buruh, Zarah Sultana, via media sosial. Sunak terpilih menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri pekan lalu.

Diketahui Sunak  memenangkan pemilihan Ketua Partai Konservatif, yang berkuasa di Inggris, setelah dua pesaingnya, yakni mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Penny Mourdant dan mantan PM Boris Johnson, menarik diri dari pencalonan.

Diberitakan oleh  media lokal Inggris, coventrytelegraph.net seperti dikutip hari ini , Rabu (26/10/22), anggota parlemen Partai Buruh mewakili wilayah Conventry South tidak senang dengan terpilihnya Sunak. Sultana, yang merupakan keturunan Pakistan, secara terang-terangan menyampaikan komentarnya yang menyindir dan mengkritik Sunak.

Sultana melalui  akun Twitternya yang memiliki 305 ribu follower mengatakan  Rishi Sunak  anggota parlemen terkaya dalam sejarah akan menjadi Perdana Menteri, dengan rencana memotong dana untuk layanan publik dan memotong upah para pekerja.

“Perang kelas Tory ini dikobarkan tanpa mandat, tanpa satu pun suara diberikan. Pemilihan umum sekarang! #EnoughIsEnough,” kata Sultana.

Sultana melontarkan kritikan-kritikan untuk Sunak via media sosial. Cuitan Sultana tersebut di-retweet hingga lebih dari 10.000 kali dan menuai ribuan komentar pengguna Twitter lainnya, dengan beberapa mendukung opini politikus Partai Buruh itu.

Sultana menulis soal Sunak, merujuk pada jabatan Chancellor of the Exchequer yang pernah dipegangnya.  Anggota parlemen terkaya dalam sejarah  yang sebagai Chancellor mengawasi pemotongan terbesar dalam dukungan untuk yang termiskin  sekarang memimpin partai yang didanai oleh sepertiga miliarder Inggris dan berencana untuk memotong pendanaan bagi layanan publik.

- Advertisement -

Diberitakan oleh BBC, Senin (24/10/22) lalu,  Rishi Sunak setidaknya mencatat sejumlah rekor baru saat dirinya menduduki jabatan PM Inggris pada usia 42 tahun. Selain PM Inggris pertama keturunan India, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812.

Rishi Sunak juga menjadi anggota parlemen tercepat yang menjadi PM Inggris, yakni dalam 7 tahun. Sementara dilansir Reuters, Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan. Dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Dia bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun. (sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -