Kamis, Januari 26, 2023

Pertemuan KTT ASEAN Bulan Depan Di Kamboja Tak Undang Pemimpin Junta Myanmar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

 

Stateranews.com| Pertemuan puncak atau KTT Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang digelar bulan depan di Kamboja tak akan dihadiri oleh pemimpin junta militer Myanmar karena tidak diundang. Ini menjadi penghinaan diplomatik terbaru bagi rezim militer yang berkuasa saat ini.

Diberitakan oleh AFP seperti dikutip hari ini, Rabu (05/10/22), ASEAN memimpin upaya-upaya diplomatik untuk menyelesaikan gejolak yang terjadi di Myanmar sejak kudeta militer dilancarkan tahun lalu, yang melengserkan pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi.

Meskipun telah dilakukan upaya diplomatik oleh ASEAN, namun kemajuan dari ‘konsensus lima poin’ yang disepakati dengan junta Myanmar tidak ada. Pemimpin junta dan jajaran menteri Myanmar banyak dikucilkan dari pertemuan-pertemuan yang digelar ASEAN beberapa waktu terakhir.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Kamboja mengatakan junta Myanmar telah diundang untuk perwakilan non-politik untuk KTT ASEAN. Pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing, tidak diizinkan untuk hadir, seperti halnya diplomat top Myanmar dilarang menghadiri pertemuan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN di Phnom Penh pada Februari dan Agustus lalu.

Konsensus lima poin, yang disepakati ASEAN pada April tahun lalu, menyerukan diakhirnya segera kekerasan di Myanmar dan menyerukan dialog antara militer dengan gerakan antikudeta. Ada ketidakpuasan yang berkembang di ASEAN, yang kerap dikritik sebagai macan ompong, terhadap sikap para jenderal Myanmar.

Eksekusi mati empat tahanan oleh junta Myanmar pada Juli lalu, yang bertentangan dengan seruan internasional soal pengampunan, telah memicu kemarahan banyak pihak. Pertemuan para Menlu ASEAN pada Agustus lalu berakhir dengan kecaman langka dari blok 10 negara itu terhadap tindakan junta Myanmar.

Para menteri ASEAN menyatakan mereka  kecewa dengan kemajuan terbatas dan kurangnya komitmen otoritas Naypyitaw terhadap implementasi tepat waktu dan lengkap dari konsensus lima poin. Utusan ASEAN yang ditugaskan untuk menengahi perdamaian bahkan telah mengakui skala tugasnya yang sulit.

- Advertisement -

Sejumlah pemberontak di Myanmar menembaki sebuah pesawat domestik yang tengah melakukan pendaratan di bandara setempat. Seorang penumpang mengalami luka-luka usai terkena tembakan di bagian wajah.

Myanmar dilanda kekacauan sejak kudeta militer dilancarkan pada Februari lalu, yang melengserkan pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi. Ribuan orang tewas dalam penindakan keras oleh junta Myanmar terhadap setiap perbedaan pendapat. (sr/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -