Jumat, Desember 2, 2022

Tabrakan pesawat DART Ke Asteroid berbahaya, NASA Dikabarkan Telah Selamatkan Bumi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

 

Stateranews.com| Dikabarkan bahwa Badan Antariksa (NASA) milik Amerika Serikat (AS)  baru saja menyelamatkan Bumi dari ancaman asteroid berbahaya dengan menabrakan pesawat DART, namun astroid itu bukan satu-satunya setidaknya ada Lebih dari 30.000 asteroid yang sangat dekat dengan bumi.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA). Dikatakan bahwa sebanyak 1.425 di antaranya berpotensi menabrak Bumi. Dari setengah asteroid dekat Bumi yang diketahui saat ini ditemukan dalam enam tahun terakhir, menunjukkan seberapa banyak peningkatan penglihatan asteroid umat manusia.

“Kabar baiknya adalah bahwa lebih dari setengah asteroid dekat Bumi yang diketahui saat ini ditemukan dalam enam tahun terakhir, menunjukkan seberapa banyak peningkatan penglihatan asteroid kita,” kata Richard Moissl, kepala pertahanan planet ESA.

Saat ini, asteroid membentuk sekitar sepertiga dari sekitar satu juta asteroid yang ditemukan sejauh ini di Tata Surya. Asteroid dekat bumi pertama yang ditemukan, disebut 433 Eros. Asteroid ini pertama kali dilihat oleh astronom Jerman Carl Gustav Witt di Observatorium Berlin pada 13 Agustus 1898 dengan bentuk yang aneh, yakni memanjang dan komposisinya yang berbatu.

Orbit 433 Eros membawanya ke jarak sekitar 13,5 juta mil dari Bumi atau 57 kali jarak Bulan. Selain menjadi yang pertama ditemukan 433 Eros menjadi asteroid pertama yang diorbit dan disinggahi oleh pesawat ruang angkasa. Pesawat bernama NEAR Shoemaker mempelajari Eros dari orbit dekat selama satu tahun sebelum mendarat di permukaannya pada Februari 2001 lalu.

Program Pengamatan NEO NASA menemukan, mengidentifikasi, dan mengkarakterisasi objek-objek ini. Menurut Center for Near Earth Object Studies (CNEOS), teleskop survei menemukan hampir 3.000 penampakan baru asteroid setiap tahun.

Setelah pengamat mendeteksi asteroid atau komet dekat Bumi, para ilmuwan menganalisis orbit objek tersebut untuk menilai seberapa dekat objek tersebut dan seberapa bahayanya terhadap Bumi.

- Advertisement -

Asteroid (7482) 1994 PC1 pertamakali ditemukan pada 9 Agustus 1994 oleh astronom Robert H. MacNaught. Ilmuwan lain kemudian melacak perjalanan komet itu dengan menghitung jalur orbit, kecepatan, dan lintasan asteroid.

CNEOS mencatat, asteroid yang paling dekat posisinya ke bumi terjadi pada 17 Januari 1933. Saat itu, batu ruang angkasa meluncur melewati bumi pada jarak sekitar 1,1 juta kilometer, dan asteroid itu akan kembali lagi sekitar tahun 2105 mendatang. (sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

11 KOMENTAR

  1. awalnya sy kira wahana DART itu menancapkan/menanamkan dirinya ke prmukaan asteroid trus di dorong pake daya roket agar berbelok ke arah yg di inginkan .
    kalo asteroidnya segede macam di film armagedon cem mana cara belokinnya yak ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -