Sabtu, Desember 3, 2022

Tesla Dikabarkan Siap Produksi Robot Humanoid Optimus, Namun Kemampuan Jauh Dari Target

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Stateranews.com| Perusahaan milik  Elon Musk, Tesla memperkenalkan  robot humanoid (mirip manusia) pertama mereka di ajang Tesla AI Day 2022 di Palo Alto, California. Dalam penjelasan Elon Musk  menyebutkan diberi nama Optimus, robot humanoid yang satu ini sudah siap untuk diproduksi secara massal.

Robot Optimus muncul dari belakang panggung dengan gerakan yang masih lambat lalu kemudian memberikan gerakan menyapa penonton. Kemampuan robot humanoid Optimus bisa dibilang masih jauh dari yang ditargetkan yang diinginkan.

Tahun lalu Elon Musk ingin membekalinya dengan kecerdasan buatan tingkat tinggi sehingga dapat memahami perintah verbal yang kompleks. Akan tetapi, Optimus sendiri seperti yang dikatakan oleh Musk sebenarnya belum cukup mirip dengan manusia.

“Kami ingin menunjukkan kepada Anda bahwa robot ini sudah sangat dekat untuk diproduksi,” kata Musk seperti dikutip dari Engadget hari ini, Minggu  (02/10/22).

Optimus belum mampu berlari dengan kecepatan 8 km/jam dan mengangkut bawaan hingga 20,4 kg, apalagi dapat bekerja dengan aman di sekitar manusia tanpa pelatihan sebelumnya yang ekstensif seperti yang diimpikan selama ini.

Akan tetapi Elon Musk mengklaim bahwa perusahaannya sudah cukup yakin bisa menyelesaikan ini dalam beberapa bulan ke depan sehingga produksi bisa dimulai. Elon Musk berencana untuk menyempurnakan gerakan Optimus dengan menambahkan kecerdasan buatan agar bisa melakukan semua yang dilakukan otak manusia.

“Tujuan kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin dan kami juga mendesainnya menggunakan disiplin yang sama dengan yang kami gunakan dalam mendesain mobil,” tutur Elon Musk.

Jika ingin mengoleksi robot humanoid ini, harga Optimus adalah USD20.000 atau sekitar Rp300 jutaan. Itu sudah termasuk baterai 2,3 kWh yang mengintegrasikan berbagai sistem kontrol daya ke dalam satu PCB. Dengan baterai tersebut, itu seharusnya sudah cukup untuk membuat robot bekerja seharian penuh.

- Advertisement -

Dengan hadirnya robot humanoid besutan Tesla ini bukan tidak mungkin di masa depan posisi manusia akan mulai tergerus oleh kehadiran robot-robot ini. Saat dipamerkan Optimus mampu melakukan tugas-tugas sederhana seperti menyiram tanaman, membawa boks barang, hingga mengangkat potongan logam.

Elon meyakini usai mendapatkan banyak langkah pemolesan, Optimus mampu masuk ke pembuatan massal dan dipasarkan di industri. CEO Telsa itu menyebut jika saat ini Optimus dinilai belum mampu memecahkan masalah sendiri dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk otak-nya. (nt/sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -