Sabtu, Desember 3, 2022

Tujuh Tahun Pimpin Indonesia Jokowi Mampu Bangun Jalan Tol Sepanjang 1.900 KM

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
311

 

Stateranews| Perjanjian investasi senilai Rp 39 triliun untuk proyek pembangunan jalan tol telah ditandatangani oleh pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Indonesia Investment Authority (INA) yang melakukan kerja sama dengan PT Hutama Karya, Waskita Karya, dan Waskita Toll road, hari ini, Kamis (14/04/22).

Dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/04/22) Presioden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa dirinya sangat senang karena  sudah ditandatangani proyek tersebut dengan nilai kurang lebih Rp39 triliun.

Jokowi juga menyampaikan bahwa penandatanganan ini memberikan efek kepercayaan dari domestik maupun internasional terhadap pengelolaan keuangan pemerintah. Jokowi berharap tata kelola di INA betul-betul menumbuhkan kepercayaan sehingga semakin banyak pihak yang berinvestasi.

“Banyak akan investasi masuk lewat INA dan INA bisa kerja sama dengan BUMN dan swasta yang kita harapkan akan memberikan efek ekonomi ke negara kita. 2014 kita dorong betul agar jalan tol segera semuanya tersambungkan baik yang Trans Jawa, maupun Trans Sumatera dan beberapa di Kalimantan dan Sulawesi,” kata Jokowi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selama 40 tahun terakhir, hanya 780 kilometer jalan tol yang berhasil dibangun. Sedangkan, dalam 7 tahun terakhir, pemerintah berhasil membangun 1.900 kilometer jalan tol.

Salah satu yang menyebabkan sedikitnya jalan tol yang dibangun dalam 40 tahun ini, karena masalah pembiayaan. Jokowi menilai Indonesia terlalu bergantung terhadap APBN, keuangan BUMN, dan swasta dalam membangun jalan tol.

“Apa yang berbeda dari situ? Saya lihat problemnya selalu pembiayaan. Tidak mencari alternatif-alternatif pembiayaan, ketergantungan kepada APBN, ketergantungan kepada keuangan yang dimiliki BUMN2 kita atau diserahkan kepada swasta yang juga ternyata dalam sekian tahun tidak berjalan dengan baik,” papar Jokowi.

- Advertisement -

Karena itu kata Jokowi, pembangunan jalan tol Trans Sumatera, dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.900 kilometer. Adapun biaya yang dibutuhkan sekitar Rp90 sampai 110 miliar per kilometernya. Inilah model pembiayaan yang terus dikembangkan oleh INA, dan kepercayaan itu akan muncul setelah telur ini pecah.

“Insya Allah makin banyak investor yang akan masuk lewat INA, bukan hanya jalan tol tapi proyek-proyek besar yang akan memberikan efek ekonomi bagi negara kita,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta. (sn)

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
311

22 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -