Kamis, Desember 1, 2022

Warga Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Sambut Gembira Penyerahan Lampu Tenaga Air Garam

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
631

Stateranews.com| Warga Masyarakat 3 desa yakni Desa Sumberjaya, Desa Kertamukti, dan Desa Kertajaya mendatangi Kantor Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Jumat (10/11/22) kemarin. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan sebanyak 50 KK dari ketiga desa tersebut memperoleh Lampu Tenaga Air Garam.

Lampu tenaga air garam ini merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus, Kemendes PDTT dengan PT Luna (Lantera 99) sebagai solusi energi terbarukan untuk daerah pesisir dan kepulauan. Pemilihan lokasi berdasarkan arahan Direktur Penyerasian Pembangunan Daerah.

Kagiatan Penyerahan Bantuan Lampu Listrik Tenaga Air Garam Kepada Warga Penerima Sumbangan

Direktorat Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menetapkan beberapa kriteria warga penerima bantuan lampu tenaga air garam pada Kecamatan Sumur dengan beberapa kriteria diantaranya (1) Warga miskin dengan akses listrik yang minim, (2) Warga dengan profesi nelayan.

Pada kesempatan penyerahan lampu tenaga air garam tersebut dihadiri oleh beberapa unsur diantaranya Tim Direktorat Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus diwakili oleh Ranalse Patiung dan Aditya Arief Pamungkas, Perwakilan Bappeda dan Dinas PMD Kabupaten Pandeglang, Perwakilan Pemerintah Kecamatan Sumur, Kepala Desa Sumberjaya, dan Tim Luna (Lantera 99) yang dipimpin oleh Maryono.

Masyarakat dengan penuh perhatian mendengar arahan serta memberikan pertanyaan mengenai pemakaian, perawatan, penggantian Lampu Tenaga Air Garam ini jika ada kerusakan. Lanjut Ranalse Patiung menjelaskan Kegiatan ini merupakan Pilot Project pertama untuk pengembangan Lampu Tenaga Air Garam kemudian akan dilanjutkan untuk Pilot Project Kedua di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI. Jakarta.

Staf Kemendes PDTT Ranal Dan Aditya Arief Sedang Membagikan Sumbangan Kepada Warga

Masukan dari masyarakat penerima lampu sangat dibutuhkan dalam pengembangan kegiatan ini. Lampu yang dibagikan akan di cek secara teknis dan dievaluasi secara berkala untuk melihat kemanfaatannya dimasyarakat. Untuk monitoring kegiatan ini dilapangan akan dibantu oleh Tim Kecamatan Sumur dan Tim WWF Kabupaten Pandeglang.

Masyarakat penerima manfaat sangat antusias menerima Lampu Listrik tenaga air garam dan sangat berterima kasih atas perhatian dari Kemendes PDTT melalui Direktorat Penyerasian Pembangunan Daerah Khusus dan mitra dalam hal ini Tim Lantera 99. Menurut warga Lampu Listrik Tenaga Air Garam ini akan sangat bermanfaat utamanya mengatasi masalah penerangan saat mati lampu berkala dan membantu masyarakat menangkap ikan saat malam hari.

 

- Advertisement -

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
631

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

- Advertisement -